Headlines News :
Home » » Tugas Liaison Officer (LO) Indonesia

Tugas Liaison Officer (LO) Indonesia

Written By Asa Terbaru on Jumat, 18 Januari 2013 | 01.40

Mungkin anda masih bingung apa pengertian dan tugas Liaison Officer (LO). Berikut adalah artikel yang saya share dari berbagai sumber tentang seputar Liaison Officer.

Pengertian di organisasi Polri liaison officer adalah perwira penghubung antar kesatuan. Namun dalam cakupan yang lebih luas perwira penghubung dimaksud adalah hubungan antar negara.

Sebelum membahas lebih jauh ada juga pengertian liaison officer juga dikenal di dunia artis dan olah raga. Biasanya untuk event-event antar negara diperlukan pekerjaan liaison officer. Di dunia hiburan liaison officer menghubungkan artis, promotor dan media.

Di dunia olah raga liaison officer biasanya menghubungkan atlet yang biasanya antar negara dengan panitia atau penyelenggara. liaison officer juga mendampingi kontingan selama kegiatan. Dalam hal ini tugas liaison officer kurang lebih sama dengan seorang guide. Berbeda dengan liaison officer di lembaga negara seperti Polri yang memang mengemban tugas lebih berat.

Kembali ke liaison officer Polri, Membantu WNI yang bermasalah di luar negeri.

2003 telah dibentuk liaison officer (LO) atau perwira polisi penghubung yang merupakan bagian dari NCB/Interpol Indonesia yang ditempatkan di luar negeri.

Tugas pokok LO adalah memfasilitasi penyelidikan dan penyidikan terhadap kejahatan lintas negara dengan kepolisian negara setempat serta memelihara dan meningkatkan hubungan/kerja sama antara Polri dengan kepolisian negara setempat.

Mereka bisa bertindak sebagai konsultan bidang hukum bila ada WNI yang diadili di wilayah/kawasan konsul di negara penugasan. Berkaitan dengan tugas tersebut semestinya pengertian kejahatan lintas negara juga dalam arti bahwa antara si pelaku dan korban adalah berbeda kewarganegaraan seperti yang terjadi antara TKI dan para majikan mereka di luar Indonesia. 

Selain itu, seharusnya para LO bukan saja memberikan atau bertindak sebagai konsultan hukum untuk warga negara yang diadili, tetapi juga ketika mereka jadi korban.

Di dunia militer, seorang perwira penghubung dapat mengkoordinasikan kegiatan untuk melindungi unit lain dari kerusakan jaminan. Untuk insiden atau manajemen bencana, seorang perwira penghubung berfungsi sebagai kontak utama untuk badan-badan menanggapi situasi. Penghubung petugas sering memberikan keahlian masalah teknis atau subjek organisasi induk mereka. Biasanya organisasi embeds seorang perwira penghubung di organisasi lain untuk menyediakan koordinasi tatap muka.
Share this article :

Baca Juga :



1 komentar:

Share Terbaru

Artikel Populer

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Preview on Feedage: share-berita
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Share Berita - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template