Headlines News :
Home » , » Bahaya Jas Hujan Batman : Jangan Pakai Jas Hujan Ini!

Bahaya Jas Hujan Batman : Jangan Pakai Jas Hujan Ini!

Written By Asa Terbaru on Rabu, 16 Januari 2013 | 05.40


Bahaya Jas Hujan Batman. Dalam aturan lalu lintas memang tidak ada larangan menggunakan jas hujan model ponco bagi para biker. Namun sebaiknya berpikir dua kali untuk menggunakannya karena jas hujan ini memang bukan diciptakan untuk digunakan saat berkendara sepeda motor.

Kami sengaja kembali mengingatkan himbauan singkat yang di kirimkan secara berantai melalui Yahoo Messenger pada 2008 silam yang telah kami sunting:

"...teman saya hari ini telah meninggalkan rekan2 kerja, istri dan 2 anak yang masih usia 2 tahun dan 8 bulan serta cita-citanya untuk mencari kehidupan yang lebih baik lagi bersama keluarga tercinta. Yang bersangkutan mengalami kecelakaan individual di daerah Rawamangun pada pukul 6 pagi. Jas hujan yang dipakainya tersangkut di putaran rantai ban belakang motor bebek yang ia kendarai. Ia tertarik ke belakang dan jatuh dengan leher patah..."

Jas hujan jenis ponco memang sangat digemari berkat penggunaannya yang sangat praktis. Namun ini bukan alasan jika Anda masih menghargai keselamatan jiwa. Seorang rekan pernah berkelit. Ia kebetulan sangat menyukai kepraktisan jas hujan ponco dibandingkan jas hujan konvensional dengan mantel dan celana. Ia beralasan jas hujan ponconya dilengkapi dengan kancing di bagian tepi sehingga ujung bagian belakang tidak bisa mencapai gir roda belakang. Rekan lain menimpali. Ia dengan bangga tetap aman menggunakan jas hujan ponco karena kebetulan ia menggunakan skuter otomatik alias skutik yang tidak memiliki rantai terbuka di bagian ban belakang.

Sampai titik ini, mereka berdua benar untuk sementara waktu. Tetapi mereka juga lupa lupa kalau ponco yang juga kerap disebut sebagai 'jas hujan Batman' ini masih memiliki potensi bahaya lainnya. Sifat jas hujan ponco yang cenderung berkibar liar saat sepeda motor dilarikan kencang membuat kemungkinan tersangkut dengan kendaraan lain seperti kaca spion mobil, atau stang pengendara motor lainnya semakin besar. Jika tersangkut dengan sesama sepeda motor akibatnya memang hanya tiga. Anda yang jatuh. Dia yang jatuh. Atau kalian berdua yang jatuh akibat kehilangan kendali. Setelah jatuh, akibatnya bisa bermacam-macam. Yang pasti Anda tidak menginginkan hal itu.

Selain itu, bentuk fisik jas hujan ponco yang cenderung 'lebar' bak layar akan membuat hambatan angin semakin besar dan membebani mesin sehingga bensin cenderung lebih boros. Mungkin Anda tidak terlalu peduli dengan hal itu, tapi bagaimana jika tiba-tiba ada angin kencang yang mmbuat Anda hilang keseimbangan?

Instruktur safety riding profesional Joel Deksa Mastana dalam sebuah acara pelatihan berkendara aman mengatakan bahwa sebaiknya pengguna sepeda motor menggunakan pakaian yang pas dan melekat dengan tubuh sehingga tidak mengganggu kegiatan dan konsentrasi berkendara. Itulah salah satu alasannya mengapa para pembalap motor profesional menggunakan pakaian yang ketat.

Tidak bisa disangkal kalau jas hujan konvensional yang dilengkapi dengan mantel dan celana cukup merepotkan. Belum lagi efek 'gerah' akibat sirkulasi udara yang mengalir tidak sebebas jas hujan ponco. Pertanyaannya, apakah Anda rela menukar keselamatan jiwa Anda dengan sebuah kepraktisan?

KERUGIAN MEMAKAI JAS HUJAN BATMAN

 1. Menutupi lampu Depan/utama.
Padahal mobil saja menyalakan lampu utama bila turun hujan, agar keberadaan kita terlihat jelas oleh pengemudi dari berlawanan arah.

2. Menutupi lampu rem di belakang.
Nah ketika kita mengerem, pancaran lampunya tidak akan jelas lagi terlihat dari belakang. Bisa-bisa tertabrak dari belakang seperti cerita saya tadi.

3. Menutupi Speedometer.
Tentu saja semua indikator yang tersedia tidak bisa terlihat lagi oleh pengendara, apalagi bila bahan dari Jas Hujan tersebut tebal.

4. Gerak kemudi tidak bebas saat menyelip di kendaraan lain.
Handling berkendara menjadi kacau dan kaku, padahal pada saat hujan jalanan lebih licin.

5. Celana basah kehujanan, terlebih bila ada cipratan air dari samping.
Jika motor anda matik, masih lumayan terlindung. Tapi jika motor anda bebek apalagi motor sport siap - siap saja basah sampai ke celana dalam.

6. Bila berboncengan malah lebih menyulitkan.
Handling pengendara lebih terasa kaku, karena bagian belakang jas hujan di pegangi oleh pembonceng.

7. Jas Hujan BatManPonco Double Pelindung Kepala.
Jas hujan model ini jauh lebih merugikan, karena gerak pengendara & pembonceng jauh lebih terbatasi. Bayangkan kalau si pembonceng tiba-tiba menarik diri ke belakang, pasti kepala pengendara ikut tertarik ke belakang.

8. Kibasan Jas Hujan bagian belakang ketika melaju kencang.
Yang ini masalah klasik selain menambah beban pada leher kita, juga seringkali menyangkut pada Sepedamotor lain. Banyangkan kalau kibasan Jas hujan tersebut menyangkut di bak truck yang berpapasan dengan kita, apa jadinya. Belum lagi resiko terbelit diantara rantai & Gear belakang.
9. Jas hujan ponco tidak menutupi seluruh bagian tubuh. Yang paling terasa terkena hujan adalah bagian lengan tangan. Jika anda memakai jaket atau pakaian lengan panjang, maka Anda dipaksa untuk menggulung pakaian panjang Anda, atau merelakan pakaian tersebut basah terkena hujan. Jika anda tidak pakai pakaian panjang, maka anda akan merasa kedinginan karena tangan akan langsung terkena air hujan.

    Meskipun jas hujan ponco lebih efisien, pemakaian mudah dan cepat, atau bahkan bisa sekaligus dapat dipakai untuk boncenger, namun penumpang Anda tidak akan merasa mendapat manfaat jas hujan Anda yang jenis ponco tersebut dengan maksimal. Pasalnya, kaki boncenger masih terkena air saat hujan dan angin menerpa dengan cukup deras. Belum lagi boncenger diharuskan untuk memegang sayap batman ponco agar tidak mengibas kemana-mana. Dan itu sangat membahayakan pembonceng.

10. Bukan itu saja, lambaian sayap batman juga dirasa sangat mengganggu biker dibelakang Anda. Kibasan jas hujan ponco cukup merecoki pandangan biker dibelakang sehingga dikhawatirkan focus berkendaranya akan turun.

11.  Ini yang mungkin paling berbahaya. Lambaian jas hujan batman bisa saja nyangkut di roda/rantai motor saat berkendara. Jelas jika hal tersebut terjadi, fatal lah akibatnya. Maka lebih baik anda menduduki bagian belakang jas hujan jenis ini jika terpaksa menggunakan. Lebih baik lagi ganti jas hujan anda dengan jenis pakaian.
Share this article :

Baca Juga :



0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Share Terbaru

Artikel Populer

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Preview on Feedage: share-berita
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Share Berita - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template