Headlines News :
Home » » Tips Membuat Resolusi

Tips Membuat Resolusi

Written By Asa Terbaru on Minggu, 30 Desember 2012 | 23.05


Resolusi itu artinya apa sih. Menurut kamus Bahasa Indonesia pengertian resolusi adalah : kebulatan pendapat berupa permintaan atau singkatnya resolusi itu adalah sebuah keinginan.

Tahun 2013 segera hadir dalam lima hari lagi. Sudahkah Anda menetapkan resolusi untuk tahun depan? Resolusi merupakan bentuk impian yang hendak dicapai. Impian tersebut bermakna postif dan menunjukkan perkembangan yang lebih baik dalam kehidupan Anda. Agar resolusi yang Anda tetapkan bisa tercapai, perhatikan tips berikut ini:
  1. Tetapkan impian yang realistis. Jangan terlalu memimpikan sesuatu yang sebenarnya Anda sendiri tidak siap untuk menggapainya karena terlalu mustahil untuk dilakukan. Misalnya, tahun depan Anda ingin punya rumah lima unit, padahal dari sisi keuangan masih terlalu pas-pasan untuk menyicil sebuah rumah. Tujuan yang cukup ekstrim tanpa tahu cara untuk mencapainya, hanya akan membuat waktu Anda terbuang sia-sia.
  2. Jangan menetapkan banyak tujuan. Manusia memiliki keterbatasan dalam berkonsentrasi.  Otak hanya bisa berkonsentrasi pada satu tugas untuk sebuah sesi dan baru bisa beralih ke konsentrasi lain. Terlalu banyak resolusi malah membuat Anda bingung menentukan mana dulu tujuan yang hendak dicapai. Bisa-bisa, Anda justru tidak melakukan resolusi itu karena kebingungan.
  3. Jika sudah menetapkan suatu resolusi, sebarkan resolusi Anda agar ada orang lain yang mengetahui. Ini dapat melatih Anda untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang Anda tetapkan sendiri. Kalau ada resolusi tersebut ada yang tidak Anda lakukan, pasti Anda malu sendiri. Ini akan memacu Anda untuk berbuat yang paling baik dalam mewujudkan impian.
  4. Jangan sampai merasa rendah diri setelah resolusi Anda buat. Yakinkan diri bahwa tubuh dan pikiran mampu diajak kompromi untuk menyukseskan resolusi Anda. Keyakinan untuk berhasil  adalah modal tidak kasat mata yang membuat seseorang sukses. Cara untuk melawan keraguan dan ketakutan Anda adalah dengan pasang badan terjun dalam berbagai kendala yang dihadapi. Anda akan banyak belajar dari situ dan mendapatkan kesuksesan.
  5. Luangkan waktu untuk berolahraga rutin. Mewujudkan resolusi juga perlu tubuh yang sehat dan kuat. Berolahraga membuat badan Anda lebih bugar dan pikiran lebih mudah berkonsentrasi. Ini akan mendukung Anda dalam mencapai impian di tahun mendatang.
  6. Memberikan penghargaan ketika resolusi berhasil dicapai. Misalnya, ketika Anda menetapkan resolusi untuk berhenti merokok di tahun 2013, maka berikan penghargaan pada diri Anda saat berhasil hidup tanpa rokok. Penghargaan menyesuaikan keinginan Anda yang tentunya harus bernilai positif.
Aturan Membuat Resolusi

1. Kehendak bebas.
Buatlah resolusi atas kehendak Anda sendiri bukan paksaan dari orang lain. Pastikan Anda menyusun resolusi dengan pikiran yang mandiri, atas kemauan sendiri, karena hanya Anda yang paling tahu apa yang Anda impikan dalam hidup.

2. Keyakinan.
Untuk menapaki perjalanan sepanjang tahun, Anda butuh keyakinan. Yakin Anda bisa berdaya untuk diri sendiri dan orang lain, juga yakin bahwa Anda juga tidak bisa mengandalkan diri sendiri untuk mencapai tujuan. Jalani proses mencapai tujuan dengan resolusi sebagai panduannya, dengan senyum tulus. Apa pun yang akan hadapi nantinya. Tak ada jaminan akan keberhasilan, tapi dengan dengan keyakinan, Anda bisa berproses mewujudkan rencana hidup.

3. Have fun!

Apa yang membuat Anda merasa bahagia? Temukan cara merasakan bahagia saat mengarungi perjalanan mencapai tujuan hidup. Pastikan Anda melakukan sesuatu dengan rasa bahagia. Dengan begitu resolusi Anda tak sekadar menjadi catatan rencana untuk tahun depan, tapi sesuatu yang Anda mampu wujudkan dan jalani. Untuk bisa menemukan rasa bahagia dalam menjalani resolusi, tingkatkan kepekaan dan jangan hanya mengandalkan pikiran.

"Pikiran memang powerful tapi punya keterbatasan, jadi rasakan apa yang Anda jalani, have fun dengan prosesnya,"jelas Rene dalam talkshow "Life Resolution" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

4. Berani.
Mewujudkan impian membutuhkan keberanian. Termasuk keberanian untuk menjalani apa yang menjadi passion dalam hidup. Karenanya, saat menyusun resolusi, butuh keberanian dari dalam diri untuk menuliskannya dan berproses mewujudkannya.

Rene menyarankan untuk berhati-hati sebelum menentukan resolusi, hati-hati dengan pikiran. Karena apa yang Anda pikirkan bisa menjadi nyata.

Dengan berhati-hati, beranikan diri untuk menyusun rencana hidup Anda tahun depan, juga beranikan diri untuk berproses mewujudkannya.

5. Fokus pada dampak.
Bayangkan jika Anda mampu berdaya untuk diri sendiri dan orang lain, dengan resolusi yang Anda buat. Dampak besar apa yang bisa Anda berikan untuk orang lain dengan rencana hidup Anda. Dengan begitu Anda akan bersemangat membuat resolusi dan membuktikan Anda mampu mewujudkannya.

"Resolusi adalah hal besar tentang Anda, semua terserah kepada Anda," ungkapnya.

Apakah Anda ingin melakukan hal kecil padahal Anda berdaya melakukan hal besar dalam hidup? Hanya Anda yang tahu jawabnya.
Share this article :

Baca Juga :



0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Share Terbaru

Artikel Populer

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Preview on Feedage: share-berita
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Share Berita - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template